Friday, April 22, 2011

Dasar Dasar Internet


kali ini saya bikin informasi buat yang lom tau, jadi kalo bagi teman teman yang udah tau, mohon di koreksi kalo ada yang salah

Mungkin semua yang berkunjung ke sini tau dan sering menggunakan internet, tapi ga semua tau apa dasar dari internet tersebut. Kali ini saya ga bikin postingan mengenai sejarah awal dari kelahiran internet, tapi mencoba menerangkan sedikit dasar dasar yang perlu kita ketahui mengenai internet itu sendiri, khususnya bagi temen temen yang pengen mendalami blog.

yok kita mulai….

a. Blog

menurut yang saya dapat dari wikipedia, blog berasal dari kata “web log” yang artinya adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Nah, setiap blog itu diakses dengan cara mengetikkan nama domain dari blog yang bersangkutan, seperti: sihendri.com, blablabla.wordpress.com, blablabla.blogspot.com dan lain lain. Nah, apa itu domain?

b. Domain

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Domain memberikan kemudahkan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal IP.

Gimana cara dapatin domain? Banyak cara, mulai dari yang gratisan sampai yang berbayar (biasanya pembayarannya per tahun). Kalo pengen gratisan, bisa didapat dari co.cc, co.tv dan lain lain. Kalo berbayar, bisa didapat banyak web registrar seperti name.com, namecheap.com, godaddy.com atau penyedia lokal, cukup ketik ajha: “jual domain” di google.com.

Jadi kalo udah punya atau beli domain kita udah punya blog?? eiitsss.. tunggu dulu…kita butuh hosting…

c. Hosting

Hosting?? apa pula itu?

Hosting adalah space dalam server atau lokasi di hard disk server komputer yang di gunakan sebagai penempatan data dan file yang ada. Jadi file index.php atau index.html yang jadi halaman sebuah web diletakkan di hosting.

Nah, muncul sebuah pertanyaan.

“saya register domain di name.com trus beli hosting di bluehost, trus gimana domain ama hosting tadi bisa konek sehingga bisa di akses?”

Jawabannya: pada domain panel atau tempat mengelola domain, ada yang disebut name server. apa itu name server?

d. Name Server

Sederhananya Name Server adalah penerjemah nama domain tadi ke dalam sebuah IP address, jadi domain sihendri.com tadi di terjemahkan ke dalam ip address 66.174.244.181 yang (mungkin) merupakan IP address komputer server yang ada di bluehost (sihendri.com hostingnya di bluehost)

Bingung? simple nya Name Server menghubungkan domain tadi dengan hosting anda. Kurang lebih begitu deh..

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More