Thursday, April 7, 2011

Membuat Tombol Shutdown dan Restart di Ubuntu


Saya baru merasa bahwa ada yang hilang pada Jaunty. Tidak memiliki tombol shutdown dan restart.

Saya merasa aneh ketika Jaunty tidak menyertakan tombol shutdown, restart dan logout seperti pada release sebelumnya di panel menu. Seperti ada kebiasaan yang hilang dan tidak lengkap.

Memang tombol shutdown dan restart ini sudah ada, sebagai applet pada panel. Jika dilihat dari sisi efisiensi, memang bagus.

Sayangnya, saya sering sekali mengakses menu System untuk mematikan atau merestart PC saya. Jadi, ini sekedar masalah kebiasaan saja.

Untuk anda yang iseng dan ingin kebiasaan lama terpelihara, ayo kita buat tombol shutdown dan restart untuk jaunty ini.

Sebenarnya sangat jarang saya menulis tutorial langsung di admin wp seperti saat ini, itu artinya, saya mesti menulis dari serakan memori dan di warnet (dijamin tanpa screenshoot).

Ya sudahlah, mumpung lagi hangat isi kepala saya.

Silahkan di simak


Membuat Tombol Shutdown

1. Klik kanan pada menu >> Edit menu
2. Scroll ke bagian System, klik. Pada tab (kolom) sebelah kanan, klik Add Item
3. Akan muncul poup window seperti ketika kita membuat shorcut.
Pada command, ketikkan gksu shutdown -h now
Pada gambar icon, klik dan pilih icon yang anda sukai
Simpan lalu tutup Menu Editor


Membuat Tombol Restart

Membuat tombol restart, prosedurnya sama, yang beda hanyalah perintahnya saja

1. Klik kanan pada menu >> Edit menu
2. Scroll ke bagian System, klik. Pada tab (kolom) sebelah kanan, klik Add Item
3. Akan muncul poup window seperti ketika kita membuat shorcut.
Pada command, ketikkan gksu reboot
Pada gambar icon, klik dan pilih icon yang anda sukai
Simpan lalu tutup Menu Editor

Silahkan di test. Jaunty akan meminta password untuk melakukan shutdown atau restart.

So, kelemahan cara seperti ini:

1. Memerlukan hak administrator (sudoers)
2. Tidak ada konfirmasi (immediately)
3. Tidak “cool”

Untuk cara yang lebih “cool”, standar dan meminta konfirmasi, tunggu saja begitu saya balik ke warnet pada tutorial berikutnya ya.

"MEMBUAT SESUATU YANG TIDAK MUNGKIN MENJADI MUNGKIN" 
"FRUZI ALBAR FRUZTECKER"

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More